Senin, 04 Februari 2013

sejarah server komputer


Sejarah Server Ragnarok Online Indonesia

Tidak terasa IdRO sudah menemani kita selama bertahun-tahun. Untuk RO Mania lama, mungkin sudah tidak aneh dengan nama-nama server terdahulu, tetapi untuk yang baru, apakah mereka sudah mengetahuinya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai server apa saja yang pernah eksis di IdRO. Walaupun sepertinya useless, tetapi informasi ini bisa dijadikan nostalgia untuk mengingat masa-masa indah untuk RO Mania terdahulu, dan menjadi wawasan baru untuk RO Mania yang baru bergabung.


Nostalgia Dimulai

Pada masa2 bersinarnya, Ragnarok Online Indonesia adalah game berbayar (pay to play). Jadi untuk anda yang ingin main game ini, harus mengisi voucher terlebih dahulu. Nominalnya mulai dari Rp.8000 hingga yang paling mahal Rp.65000. Saat itu belum ada yang namanya koin, dan program ilegal pun tidak gila2an seperti saat ini.
  • Chaos
    Ini adalah server pertama IdRO dan berbayar. Jumlah pemain pada server ini sangat banyak, diketahui dari mengetikan kode /who pada kolom chatting (sekarang sudah tidak bisa). Kota Morrocc, sangat semerawut dengan para pedagang baik itu Vendingan Merchant dan job-job lain yang membuka pub atau belanja kebutuhan sehari2.

    Pokoknya mencari apapun pasti ada yang jual disini, buka pub pasti ada yang mampir, walaupun salah cuma klik atau iseng. Saya bermain di server ini tidak lama, mungkin hanya 1 bulan, setelah itu pindah ke Loki.
  • Loki
    Ini juga server awal di IdRO dan berbayar, tetapi pemainnya tidak sebanyak di Chaos, hanya saja situasi di server ini lebih kondusif, aman dan sejahtera. Disiniah saya mengenal RO lebih dalam, tetapi belum begitu bersinar, sangat payah karena tidak ada modal dan teman untuk main bersama.
  • Sakray
    Ini adalah server untuk mengetest keadaan IdRO sebelum patch sesungguhnya di server utama (Chaos dan Loki), dan EXP di server ini selalu 2 kali lebih besar. Sehingga ada sebagian RO Mania yang memilih untuk bermain di server ini dengan serius, padahal sudah ada pemberitahuan bahwa server Sakray difungsikan untuk test, jadi jika diadakan penghapusan server, mereka tidak boleh protes.

    Benar saja, beberapa tahun yang lalu server ini dihilangkan dari IdRO, tidak ada penggantian atas kerugian yang dialami RO Mania. Iya jelas, secara sudah ada pemberitahuannya, sehingga mereka tidak boleh protes jika server tersebut diperlakukan sebagai anak tiri.

    Walaupun seperti itu, RO Mania jebolan dari server ini sangat hebat2 sekali (berskill).
  • Iris
    Semakin membludaknya antusias RO Mania terhadap game ini, maka diputuskan untuk membuat server baru, maka muncullah Iris. Tetapi server ini tidak se populer Chaos dan Loki, sehingga situasi disana sangat sepi, seperti kuburan. Tetapi yang namanya sudah terbangun komunitas, RO Mania yang betah tetap bertahan dan membentuk komunitasnya sendiri.
  • Fenrir
    Aneh juga, melihat server Iris yang begitu sepi pihak IdRO berencana untuk menambah 1 server baru untuk mengatasi pemain yang bermain di 3 server utama tersebut. Lalu muncullah server Fenrir, anehnya, di server ini antusias RO Mania berbeda dengan Iris. Di server baru, pemainnya bertambah banyak, jumlahnya hampir menyamai Loki (Chaos tetap yang paling ramai).

    Jadi, di IdRO itu pernah ada 5 server sekaligus yaitu 4 server utama (Chaos, Loki, Iris, Fenrir) dan 1 server test (Sakray).
  • Freya
    Masih server berbayar. Saatnya penggabungan server, karena dirasa mengurusi 4 server utama terlalu banyak (menurut saya), sehingga diadakanlah penggabungan server. Tentu saja yang digabungkan adalah yang sepi (untuk menjaga stabilitas, biar tetap rata) yaitu iris dan Fenrir lalu terbentuklah server baru yang bernama Freya.

    Gabungan dari server Iris dan Fenrir.
  • THOR
    Satu2nya server berbayar hingga saat ini. Pada tanggal 09 Oktober 2007, diadakan maintenance server untuk penggabungan server Chaos, Loki, Freya untuk dijadikan satu menjadi server THOR (hurufnya harus besar semua). Inilah penggabungan besar2an yang terjadi untuk server berbayar.

    Server ini dibuat untuk menyambut hadirnya server gratis (free to play) di IdRO. Dimulainya masa keemasan Item mall di game RO.

    Gabungan dari server Chaos, Loki dan Freya.
  • Fun And Chat
    Pada tanggal 22 Agustus 2007, era baru dalam bermain Ragnarok Online Indonesia berubah. Pencitraan yang selama ini membayar untuk bermain, sudah hilang. Banyak RO Mania yang pensi, kembali bermain di server gratis ini, termasuk saya. Dengan tag line "NO BOT ALLOWED" membuat antusiasme RO Mania menjadi berapi2.

    Fun and Chat (FnC) mulai sangat populer. Di server ini, EXP yag didapatkan oleh pemain ketika mengalahkan monster adalah 2 kali lebih besar dibandingkan server THOR, tetapi Drop Rate hanya 50% dari normal (susah nyari barang). batas penempaan tanpa Item Mall adalah 0, jadi +1 pun bisa pecah.

    Hanya saja, penggunaan Item Mall belum begitu populer. Disinilah masa2 bersinar saya di IdRO, ketika belum banyak yang menggunakan equip Item Mall, saya sudah menggunakannya walaupun equipnya masih rata +4, yang +7 hanya senjata (+7 Double Bloody Bonned Saber). Tetapi sudah sangat cukup untuk balapan naik level dengan teman2 baru.

    Yang sedih adalah yang tidak menggunakan Item Mall, karena ada kesempatan untuk menjatuhkan equip ketika terbunuh oleh monster di luar kota (zona aman). Ditambah lagi pinalti EXP yang berkurang sebanyak 5% ketika karakter terbunuh, membuat antusiasme RO mania berkurang, dan yang bermental lemah memutuskan untuk pensi.

    Merusuh di ruang PVP pun masih gampang karena yang lain equipnya masih NPC alis polos. Jadi untuk menguasai permainan sangat mudah, tetapi situasi seperti itu tidak bertahan lama, informasi yang beredar sangat cepat, dan RO Mania sudah tahu kegunaan dari Item Mall, sehingga semua orang sudah mengunakannya. Lalu sinar saya pun mulai meredup karena tetap bertahan dengan equip rata +4 dan senjata +7, alu lama2 menghilang tak dikenal lagi.

    Server ini menjadi tuan rumah saat penggabungan sever Legend dan Heroes pada tanggal 17 Februari 2010.
  • Legend
    Kesuksesan server gratis FnC, maka dibuatlah server tambahan. Legend, server gratis kedua untuk mengatasi antusiasme RO Mania yang mencoba kembali ke IdRO setelah mengetahui bahwa saat itu bermain sudah tidak menggunakan voucher.

    Eksistensi server ini berakhir setelah digabungkan dan menjadi server FnC pada tanggal 17 Februari 2010.
  • Server PVP
    Satu2nya server yang sangat rusuh, karena selain di dalam kota, anda bisa membunuh karakter lain dengan serangan dan skill yang dimiliki (kecuali Grup dan anggota Guild). kekejaman dunia dimulai ketika karakter mencapai level 50, karena jika dibawah level tersebut, anda tidak masuk dalam mode PK (player kill) sehingga karakter belum bisa melakukan pertarungan antara pemain di luar zona aman.

    Server PVP mulai dapat dimainkan pada hari Rabu, 24 Oktober 2007 pukul 12.00 WIB. Eksistensi server ini berakhir pada tanggal 15 Juli 2009 karena server PVP digabungkan dengan server Legend.
  • Heroes
    Belum puas dengan Legend, ditambah lagi server baru yaitu Heroes. Haya saja popularitasnya tidak begitu bersinar, sehingga server ini pun senasib dengan pendahulunya Iris. Peraturan di server ini juga sama seperti FnC.

    Server ini hadir pada tanggal 26 Agustus 2008. Eksistensi server ini berakhir setelah digabungkan dan menjadi server FnC pada tanggal 17 Februari 2010.
  • Rebirth
    Server alternafit selain FnC untuk bermain RO, hingga saat ini.
  • Server RIC
    Dibuat untuk keperluan event Ragnarok International Championship. Bukan server untuk bermain seperti biasa, karena dibuat hanya untuk keperluan event, lalu itu dihilangkan setelah event









Pengertian Server dan Firewall dalam Jaringan Komputer

PENGERTIAN SERVER , Sebuah server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalam nya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.
Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu komponen, ke komponen yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas lain.
Terlihat bahwa tugas server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya sangat cepat. Sehingga minimal sebuah server mempunyai beberapa karakter seperti dibawah ini ;
  1. Processor minimal 3.0 GHz atau processor yang lebih cepat lagi.
  2. Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 500 Gb.
  3. Mempunyai banyak port network.
  4. Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas.
  5. Memiliki RAM yang besar,minimal 2 Gb.
FIREWALL , Apabila sudah menggunakan internet untuk beberapa waktu, dan terutama jika bekerja di perusahaan yang besar dan browse internet di tempat kerja, mungkin sudah mendengar istilah firewall. Sebagian contohnya, sering mendengar orang bilang, “Saya tidak bisa ke situs itu sebab mereka tidak mengijinkan melalui firewall.” Firewall merupakan suatu cara atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN).



pengertian server
Pengertian Server dan Client. Yeap, kali ini saya akan menjelaskan Pengertian Server dan Client. Mungkin anda sudah tahu Pengertian Server dan Client. Tapi, buat anda yang belum tahu Pengertian Server dan Clien, tenang saja. Akan saya beritahu kok, Pengertian Server dan Client. Hehehehehe... (Maaf, kebanyakan kata Pengertian dan Client-nya.. ^^)




Server, yang artinya Pelayan/ Penyedia/ yang melayani. Adalah komputer yang melayani permintaan dari komputer client. Jadi, sebuah komputer client yang me-requestatau meminta layanan ke komputer server, akan disediakan atau dilayani oleh komputer server. Server itu ada bermacam-macam.
Mulai dari Web Server, Komputer Server, Server Aplikasi, dan lain-lain.
Intinya, server ini digunakan untuk melayani para client.




Client, yang artinya Pelanggan atau Klien. Adalah komputer yang bisa dibilang sebuah komputer yang harus dilayani. Segala keinginan oleh komputer Client, akan dilayani oleh komputer Server.




Jadi, Server dan Client ini terhubung dalam sebuah jaringan yang terkait satu sama lain untuk saling berhubungan.


Masih bingung juga? Okeh, akan saya jelaskan secara logika. Hehehehe...
Misal anda internet-an di warnet. Di warnet, biasanya kan ada 1 komputer yang bertindak sebagai operator atau pelayan (Server) untuk komputer-komputer yang lain (Client). Jadi, apabila anda ingin me-request suatu halaman website, anda harus meminta dulu ke komputer server. Setelah permintaan anda direspon komputer server, komputer server akan meminta halaman yang anda minta ke Web Server halaman yang anda minta tersebut. Kemudian, setelah permintaan komputer server direspon oleh Web Server, Web Server akan mengirim permintaan Komputer Server, dan akhirnya Komputer Server memberikan halaman website yang anda minta ke komputer anda/ komputer client.






Definisi

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.


Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.


saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.


Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.


Sejarah

Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:


  • sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
  • server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis.


Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar