Rabu, 27 Februari 2013

pengertian virtual box

pengertian virtual box

VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
VirtualBox ini paling sering digunakan untuk :

  • Mencoba sistem operasi yang berbeda, os utama menggunakan linux sedangkan os virtual menggunakan windows atau sebaliknya
  • Mencoba sistem operasi yang baru rilis, biasanya digunakan untuk melakukan te distro linx terbaru
  • Simulasi jaringan, os utama sebagai client sementara os virtual sebagai server ataupun sebaliknya
  • Simulasi security computer, os utama sebagai hacker dan os virtual sebagai target
Manfaat Virtualisasi
Berikut ini beberapa manfaat belajar virtualisasi :

  • Bagi orang awam metode virtualisasi dapat dimanfaatkan untuk belajar menginstall sistem operasi tanpa perlu mengubah isi partisi harddisk
  • Dapat mencoba-coba sistem operasi tanpa perlu menginstallnya secara permanent kedalam hardisk.
  • Hemat biaya hardware, tak perlu membeli banyak komputer untuk memakai banyak sistem operasi sekaligus.
Saat ini, VirtualBox dapat berjalan di Windows, Linux, Macintosh, Solaris hosts serta mendukung sejumlah besar sistem operasi tamu namun tidak terbatas pada Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), Solaris dan OpenSolaris, OS/2, dan juga OpenBSD.
Sampai saat ini VirtualBox telah mencapai versi 4.1.2 yang dirilis pada 2011/08/15, untuk detail perbaikan fitur pada versi ini bisa Anda lihat pada menu Changelog. Anda dapat mengunduh VirtualBox versi terbaru, VirtualBox 


Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

 VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems
 Menurut Wahidun
Cara Menggunakan VirtualBox -Cara Menggunakan VirtualBox-Hardirnya virtualbox (virtual mesin) mempermudah kita belajar komputer meski tidak memiliki komputer atau yang takut komputernya rusak karena salah oprek, teratasi dengan adanya virtualbox, vmware. Dan jenis virtual mesin /virtual box ini banyak ragamnya, seperti milik microsoft bernama virtualPC, ada lagi QEMU emulator, ada vmware dan banyak lagi yang lainnya. Di antara sekian virtual mesin tersebut saya pertama kali menggunakan qemu, dan sekarang lebih menyukai VIRTUALBOX, yang support di mesin windows manapun, tanpa harus mendownload file yang sama, virtualbox dapat di jalankan di mesin 32 mapun 64.

Cara Menggunakan VirtualBOX.
Install VirtualBOX saya anggap sukses dan langkah berikut menconfigurasi virtualBOX agar dapat di jadikan bahan expriment seperti belajar install windows xp, belajar install mikrotik, belajar configurasi mikrotik, belajar install squid, hampir semua hal yang dapat di lakukan pada komputer real dapat di kerjakan di virtualBox.
Jalankan VirtualBOX dan klik tombol New yang berwarna biru muda





cara menginstal virtual box

Langkah 1
Untuk mendownload VirtualBox maka buka browser Mozilla dan pada address bar ketikkan alamat websitenya www.virtualbox.org dan akan tampil seperti ini.
Langkah 2
Pilih menu Download dan akan tampil seperti gambar dibawah ini lalu pilih yang paket untuk windows (VirtualBox 4.0.4 for Windows hosts x86/amd64). Jika muncul pesan untuk proses penyimpanan maka pilih saja Save File maka proses download akan dilakukan seperti gambar dibawah ini. Akses lebih cepat silahkan klik Virtual Box (58) untuk mengunduh file.
Langkah 3
Jika proses download telah selesai maka tinggal klik saja pada progress bar download an yang sudah selesai tadi dan klik Run seperti gambar dibawah ini.
Langkah 4
Klik Next – Next –Next – Yes – Instal, maka proses instalasi akan dilakukan seperti gambar dibawah ini.
Langkah 5
Beri tanda conteng pada Always trust software from “Oracle Corporation” dan pilih Instal, lalu Finish. Proses Instalasi pun selesai dan layar aplikasi VirtualBox akan ditampilkan serta siap digunakan untuk menjalan Sistem Operasi lain (Linux, Windows, Free BSD, dan lain-lain) di atas Sistem Operasi yg sudah ada.

mater suwun.............................................................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar