Kamis, 07 Februari 2013

definisi server


Definisi Server


Komputer Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalabledan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Jenis Server

1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

Fungsi server

1. Server Aplikasi
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
2. Server Proxy
Berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.


Pengertian Server adalah Sebuah system komputer yang menyediakan berbagai jenis layanan yang dapat diakses oleh komputer client yang sedang terhubung pada sebuahjaringan. Server harus didukung dengan baik oleh prosesor dan juga Memori/RAM yang lumayan besar.  Server juga harus memiliki System Operasi Kusus atau biasa juga disebut sebagai System Operasi Jaringan.
Server mengatur lalu lintas data di dalam jaringan dan menyediakan resource yang dapat digunakan oleh komputer lain yang sedang terhubung pada jaringannya. Server bagian paling penting dalam jaringan komputer yg menjadi tempat untuk nodes di dalam jaringan agar mampu melakukan yang namanya Resource Ssharing.
Server terdiri dari beberapa macam diantaranya file server, printer server, disk server serta database server. Server juga bisa bersifat dedicated , artinya server tidak mungkin bisa digunakan sbagai, selain dedicated, non-dedicated juga ada, fungsinya tetap sebagai server, tapi bisa juga digunakan sebagai titik masuk untuk komunikasi jaringan.
ADVERTISEMENT   
pengertian komputer server

Pengertian Komputer Server

Nah setelah mengetahui pengertian server, sekarang saatnya untuk membahasPengertian Komputer Server. Ok lanjut, Komputer server adalah komputer yang ditugaskan oleh sipemilik komputer untuk menjadi server dan mengatur computer-kompuer client. Seperti halnya di dalam perusahaan, dimana komputer server tersebut diberi tugas untuk menyimpan hal-hal yang dibutuhkan komputer client.
Jadi dengan komputer server, apapun yang dibutuhkan oleh komputer client makaKomputer Server akan langsung memenuhinya, tidak dibatasi oleh, dan tidak dapat diakses oleh orang lain, hanya orang tertentu yang bisa mengaksesnya, missal pemilik computer server itu sendiri, maka dengan begitu data-data penting atau semacamnya tidak bakalan bocor ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
Namun jika kita lihat dari segi fungsinya yang begitu besar, maka untuk merubah komputer menjadi Komputer Server, Komputer tersebut harus memiliki Spec yang mumpuni. Bukan Cuma prosesor dan RAM yang  besar, Hard Disk dan yg lain harus mendukung. Mengapa demikian? Karena Komputer Server harus selalu aktif karena Komputer server menjadi pintu utama manajemen jaringan yg Anda miliki. Seperti halnya komputer server web site, maka server tersebut harus selalu dan selalu aktif supaya pengunjung Web Anda tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server web tadi dimatikan maka Web Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung.
Jadi intinya Komputer Server itu harus selalu menyala dalam waktu yang lama, makaPerangkat Keras komputer server harus memiliki daya tahan serta keandalan yang tinggi. Komputer server juga harus manpu bertahan pada suhu panas tinggi dan harus memiliki pembuang panas, karena pembuang panas ini salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan pada hardware komputer server, kenapa saya katakana penting? Karena akan membantu supaya Komputer Server tdk mengalami over-heating, hal ini juga bisa menurunkan prforma pada komputer server, ini di sebabkan karena terlalu lama menyala dan panas yang lumayan tinggi.
Akan tetapi jikan Anda ingin membuat Komputer Server dengan skala kecil juga bisa, seperti halnya Warnet, warnet kan juga punya Komputer Server, Komputer server itulah yang sering digunakan oleh operator warnet dan itu sudah mampu menghubungkan beberapa komputer, dan satu lagi Komputer yang ada di rumah Anda juga bisa dijadikan komputer server.


Pengertian Server Komputer

Server merupakan bagian yang sangat penting dalam jaringan komputer, server bisa disebut juga terminal induk dimana kontrol terpusat terhadap jaringan komputer. Server dalam jaringan komputer berguna untuk melayani dan mengatur semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan komputer, termasuk perangkat tambahan seperti printer dan lain-lain. Beberapa layanan yang diberikan oleh server terhadap komputer lain antara lain:
  1. Resource sharing, merupakan istilah dari fungsi server untuk melayani penggunaan perangkat tambahan secara bersama-sama. (contoh: penggunaan pronter, penggunaan scaner dan lain-lain).
  2. Data sharing, dengan adanya server memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan pengolahan data maupun informasi secara bersama-sama.
  3. Mengatur sekuritas dalam jaringan, sehingga membuat data yang tersimpan di dalam komputer server lebih aman.
  4. Mengatur hak akses terhadap pengguna jaringan komputer sehingga dengan adanya server admin dapat mengatur siapa yang berhak mengatur server maupun siapa yang saja yang tidak berhak mengatur server, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan data yang tersimpan dalam komputer server.
Seiring berkembangnya ilmu komputer dan semakin canggihnya sistem jaringan yang ada pada saat ini memungkinkan kita untuk bisa menyimpan data di komputer server yang lokasinya sangat jauh, bahkan sekarang sudah banyak yang menyewakan server secara online seiring banyaknya pengguna jaringan internet diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar